Sego Tewel Khas Tambakromo Kabupaten Pati



Alhamdulillah hari ini bisa makan siang nikmat. Makan apa bu ?..Sego tewel.....hihi. Buatku ini menu nikmat kok. Beneran..enak..seger..kemepyar ngilangin pusing dan pening. Sego Tewel..sepintas seperti nasi dengan sayur lodeh biasa ya..tapi ini merupakan menu khas dari daerah Tambakrowo Kab Pati. Di sana, banyak warung-warung Sego tewel yang sudah terkenal, dan di kunjungin berbagai kalangan hingga pejabat lho dari berbagai daerah di sekitar Pati. 

Menunya sederhana saja. Nasi..di alasi daun jati, di sajikan dengan sayur Tewel..alias gori..alias nangka muda..di masak kuah encer dengan citarasa gurih dan pedas, karena memakai potongan cabe rawit. Lauknya pun sederhana banget..cuma tempe goreng, bakwan atau kerupuk untuk yang versi ndeso. Walau ada warung yang  menyediakan lauk komplet seperti ayam goreng, dll. Tapi warung otentik yang menyajikan lauk sederhana tempe goreng aja..itu yang jadi jujukan pelanggan, karena sensasinya itu memang jadi lebih ndeso gitu ya mungkin.

Kemaren, lihat Tewel di pasar bagus..masih muda kok aku jadi kepengen nyayur nangka versi sego tewel ini. Dulu pernah baca di ulasan media itu bumbunya cuma sederhana saja, bawang merah, bawang putih, merica dan cabai rawit. Baiklah..langsung aku coba tadi..walau harga Tewel kok lagi mahal yo sekarang..10 rb dapat 1 potong..hihi. Ngga apa-apa..yang penting hasilnya..enak..dan seger. Di  banding pakai lauk lain..aku kok ya milih lauk tempe goreng aja tadi. Memang enak rasanya..seger banget..di makan panas-panas gitu.

Oke teman-teman..mau coba menu sederhana ini..yuk catet resepnya ya..ala aku sendiri takarannya..:)

Sego Tewel

Bahan :
Setengah buah Tewel/ Nangka Muda ukuran kecil, bersihkan, potong kecil-kecil
Santan 1500 ml encer saja
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
20 buah cabai rawit hijau kecil, potong serong

Bumbu Halus :
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
Masukkan cabai rawit, aduk hingga layu
Masukkan santan dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan tewel, masak hingga tewel empuk dan bumbu meresap, koreksi rasa
Sajikan hangat

Note..jika mau tambah sedep dan otentik, alasi piring dengan daun jati..aku nggak punya..jadi daun pisang aja..:D


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sego Tewel Khas Tambakromo Kabupaten Pati"

Post a Comment