Cireng Istimewa..^^



Cireng..udah pasti tau kan teman2..itu lho..makanan khas Jawa barat...yaitu..adonan aci di jereng ( di pipihkan ) atau di goreng ? hihi...
Judulnya cireng istimewa..kenapa istimewa..? Karena pakai ikan tenggiri adonannya...hihi. Jadinya empek2 dong..gitu kali pikir teman2..^^..Nggak kok..tetep cireng..*maksa..hihi*..soalnya bahan2 dan cara buatnya ya kayak buat cireng..hihi. Jadi anggap saja ini cireng istimewa..atau cireng modifikasi gitu aja kali yach..kan sekarang ini juga..cireng udah banyak di modifikasi ya..lebih nge trend jadinya..ada yang isi keju..isi sosis..isi ayam..dll. Tapi..kalau aku kok..lebih suka cireng tanpa isian..jadi lebih baik yang di modifikasi rasanya saja..tambahin ikan tenggiri..dikit aja..wah ..jadinya tambah enak banget lho cirengnya teman2.

Ide ini terlintas begitu saja..ketika tadi bongkar2 kulkas...liat masih ada stock ikan tenggiri di freezer, tapi kok cuma tinggal sepotong kecil..setelah aku fillet cuma jadi 50 gram dagingnya..hihi. Mau di buat empek2..nanggung banget kan..ya udah..di buat cireng aja..soalnya udah lama pengen buat cireng tapi belum kesampaian. Biasa..takut nggak ada yang batu ngabisin..kalau cirengnya cuma dari aci doang..paling2 yang doyan cuma aku..tapi kalau di tambah tenggiri gini..pasti dech suami dan anak mau makan juga..karena memang jadi gurih banget cirengnya. Ada dua cara membuat cireng ya teman..ada yang adonannya langsung saja aci di campur air panas dan bumbu2..ada juga yang pakai bahan biang dulu, yaitu sebagian adonan di masak. Aku lebih suka pakai biang dulu...karena hasilnya..nggak liat banget..tetep ada liatnya sich kayak cireng..hihi..kan dari tapioka ya bahan utamanya..tapi lebih gampang di kunyah dan enak. Dengan pake adonan biang gini juga..cireng nggak meletus pas di goreng. 

Oke dech..langsung saja ya..ini dia resep cireng hasil uji cobaku..dan dari berbagai sumber aku jadi tau juga..kalau cireng yang paling enak di Bandung sana..katanya cireng Cipanganti..yang katanya juga cirengnya di sana itu renyah banget ketika pasih panas..baiklah..aku juga pengen bikin cireng seperti itu..akhirnya..adonannya aku tambah putih telur..dan hasilnya..beneran..bisa renyah cirengnya pas masih hangat..enak banget dech..kulit luarnya renyah..tapi dalemnya chewy..sedikit liat khasnya cireng. Tenang..putih telurnya ini nggak mempengaruhi rasa cireng aslinya sama sekali kok..cuma buat bikin renyah aja. Tapi jangan sama kuning telurnya ya..kalau pakai kuning telurnya..nanti jadi amis dan warnanya nggak bisa putih bersih cirengnya. Begitu matang..hangat hangat langsung aku cicipin..wah enak banget..di makan pakai cabe rawit aja udah enak banget tadi..atau bisa juga pakai sambel kacang..atau pakai kuah cuko juga enak sich tadi aku coba. Jadi..berhasil dech uji cobanya. I love u cireng..sekarang..hihi..karena buat sendiri lebih enak ternyata. Jadi..yukk mari bikin cireng teman2..murah...meriah dan enak banget di makan hujan2 gini..^^
Cireng Istimewa

Bahan utama :
150 gram tepung tapioka 
2 batang daun bawang, iris halus
50 gram daging ikan tenggiri yangs udah di fillet
1 putih telur
Bahan biang :
50 gram tepung tapioka
2 sendok makan tepung terigu protein sedang
100 ml air
2 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya 
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/4 sendok teh

Cara mengolah biang : Didihkan air, masukkan semua bahan dan bumbu2..aduk rata hingga bergumpal dan jadi adonan yang matang.
Campur adonan dengan daging ikan tenggiri dan 1 butir putih telur, lalu proses di food processor hingga jadi adonan halus. ( kalau nggak ada bisa pakai mixer )
Campur adonan dengan tepung tapioka dan daun bawang, ulei rata.
Olesi kedua tangan dengan minyak goreng, lalau bentuk cireng sesuai selera. Aku bentuk biasa aja...ambil sedikit adonan  kemudian di jereng jereng..atau di pipihkan gitu...jadi bentuk bulat tipis.
Goreng di minyak panas hingga matang dan renyah bagian luarnya. Sajikan dengan cabai rawit atau saus..sesuai selera.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cireng Istimewa..^^"

Post a Comment