Mangut Iwak Pe & Tempe Cabai Hijau


Beberapa waktu kemaren aku cerita mau berkebun ya teman2..dan..ini dia hasilnya..beberapa pohon cabaiku sudah panen..hihi..lumayan lho..panen cabai hijau keriting..udah beberapa kali ku buat masak..salah satunya ini nich buat masak mangut. Biasanya kalau masak mangut pakai cabe merah dan cabe rawit galak..tapi kemaren aku coba pakai cabe hijau keriting..wah..pedes juga lho ternyata. Seru emang..punya pohon cabe sendiri. Walaupun beli cabe juga murah sich..tapi kalau lupa beli..atau kehabisan cabe..pohon cabe di rumah ini ya sangat membantu lho. Kayak kemaren..mau masak mangut..eh lupa cabenya habis..padahal bahan2 lain udah siap..ya udah..pakai cabe hijau keriting aja..dan hasilnya tak kalah enak dengan mangut yang biasanya aku bikin. Tetep enak..sedep dan seger pedes cabe hijau.




Mangut iwak pe adalah masakan khas Pantura. Iwak pe itu adalah ikan pari asap..yang di potong kecil2..enak rasanya..ada aroma smoky gitu. Harganya pun murah..cuma 2000 sepotong. Paling enak memang di masak mangut pedas gini..karena nanti aroma asapnya akan tercampur di kuah..nah itu yang menciptakan aroma dan rasa yang khas dari mangut..yang tidak bisa tergantikan oleh bahan lain. Biar lebih lebih enak..dan komplet gizinya bisa di tambah tempe atau tahu kuning berkulit. 

Resep Mangut Iwak Pe & Tempe Cabai Hijau

Bahan :
5 potong daging iwak pe
200 gram  tempe
20 buah cabai hijau, iris tipis serong
10 butir bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
2 cm kencur, haluskan
1 cm kunyit, haluskan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 buah tomat hijau, potong potong kecil
1 papan petai, kupas belah jadi dua
Garam / bumbu kaldu secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan ( sesuai selera )
800 - 1000 ml santan cair / sedang
 
Cara Membuat :
Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan kencur dan kunyit halus serta cabai iris, tumis sampai harum. Masukkan santan , dan semua bumbu2 lain, didihkan. Setelah mendidih masukan iwak pe dan tahu dan pete. Cicipi rasanya. Setelah hampir masak masukkan potongan tomat hijau. Masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap. Sajikan. 














Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mangut Iwak Pe & Tempe Cabai Hijau"

Post a Comment