Resep Kue Putu Mayang Yang Legit Kuah Gula Merah

Resep Kue Putu Mayang Yang Legit Kuah Gula Merah. Sebelum masuk ke pembahasan mengenai resep dan cara membuat kue putu mayang ini, ada baiknya jika tabloidkuliner.com memberikan sedikit informasi mengenai kisah unik dibalik kue manis ini.

Di Indonesia, kue ini merupakan kue yang sudah ada dan dikenal masyarakat sejak lama. Kepopulerannya pun tidak kalah dengan berbagai resep kue tradisional Indonesia lainnya seperti kue lopis, kue ketimus, kue klepon dan berbagai macam kue basah maupun kering asli Indonesia lainnya. Meskipun demikian, namun ternyata menurut Wikipedia dan beberapa sumber informasi yang tersedia di internet, putu mayang ternyata disebut-sebut sebagai salah satu penganan yang berasal dari India. Di India, putu mayang dikenal dengan sebutan putu mayam.

Meskipun demikian, tentu tidaklah salah jika sebagian besar masyarakat Indonesia tetap mempercayai jika putu mayang tetap berasal dari Indonesia dan menjadi salah satu kekayaan kuliner bangsa ini. Di beberapa tempat di Indonesia, kue ini cukup mudah untuk ditemukan. Namun seiring perkembangan zaman, putu mayang kini perlahan-lahan mulai tersingkir dan semakin sulit untuk dicari karena invasi aneka jenis kuliner yang berasal dari luar.

Dijamin enak: #Resep Kue Cubit Enak Dan Empuk

Nah, bagi Anda yang kangen dengan rasa kue ini dan merasa kesulitan dalam mencari warung-warung kue tradisional yang menjualnya, maka tentu tidak salah jika Anda mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah. Tertarik untuk mencoba?. Nah, berikut ini adalah bahan-bahan serta langkah dalam membuat kue putu mayang.

Resep Kue Putu Mayang Yang Legit Kuah Gula Merah
Resep Kue Putu Mayang Yang Legit Kuah Gula Merah
Bahan-bahan kue putu mayang
  • 1/4 kilogram tepung beras
  • 1 butir kelapa tua, parut dan ambil santannya
  • 200 gram tepung sagu
  • Garam secukupnya
Saus siraman
  • 1 liter santan kental
  • 150 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 4 lembar daun pandan, simpulkan
Cara membuat kue putu mayang
  1. Siapkan wadah panci yang bersih kemudian masak tepung beras, santan beserta garam hingga matang. Angkat lalu dinginkan.
  2. Taburi adonan dengan tepung sagu sedikit demi sedikit lalu aduk-aduk sampai merata. Masukkan adonan kue putu mayang ke dalam cetakan kue.
  3. Siapkan dandang atau panci pengukus. Panaskan dan alasi tatakan pengukus dengan daun pisang supaya adonan tidak lengket karena langsung bersentuhan dengan panci.
  4. Kukus selama kurang lebih 10 hingga 15 menit sambil sesekali tutup panci dibuka. Setelah matang lalu angkat dan pisahkan.
  5. Saus: Siapkan wadah panci berbeda untuk membuat sausnya. Campurkan santan, gula pasir, gula merah, garam dan daun pandan.
  6. Panaskan saus dengan api sedang sampai mendidih dan semua bahan saus tercampur merata. Aduk-aduk hingga matang dan agak mengental kemudian angkat.
  7. Sajikan putu mayang bersama dengan sausnya.
Wajib dicoba: #Resep Kue Klepon Isi Gula Merah

Demikianlah resep kue putu mayang sederhana yang bisa Anda aplikasikan sendiri saat dirumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Kue Putu Mayang Yang Legit Kuah Gula Merah"

Post a Comment