Ayam Taliwang



Beberapa waktu lalu dapat kiriman terasi Lombok dari mba Finah..makasih ya Mba..^^ Jadinya aku pengen masak masakan khas Lombok..mumpung ada terasi asli sana. Akhirnya kemaren bikin ayam Taliwang. Ayam bakar pedas khas Lombok. Ayam Taliwang ini biasanya di sajikan dengan Plecing Kangkung. Sekarang aku posting resep ayam taliwangnya dulu ya teman2. Buat penggemar pedas..pasti suka dech ayam Taliwang ini. Nggak perlu pakai sambel lagi makan ayam bakarnya..udah pedas. Tingkat kepedasan..bisa di sesuaikan selera ya teman2..mau pedas banget..tambahin aja cabe rawitnya. 

Ayam Taliwang ini ada dua versi ya..ada yang di bakar langsung setelah di lumuri bumbu2..ada juga yang di ungkep dulu. Aku pilih yang di ungkep dulu aja..soalnya malas menyalakan panggangan dari arang..jadi  cukup di panggang pakai teflon aja..setelah di ungkep..enak juga..dan praktis..hihi. Mau coba..ayukk..di catet resepnya ya teman2..^^
Ayam Taliwang

Bahan :
1/2 kg ayam ( aku pakai pejantan )
800 ml air
1/2 sendok makan gula merah
Garam secukupnya


Bumbu Halus:
5 buah cabai merah besar
5 buah cabe rawit
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri, disangrai
1 cm kencur
1 sendok teh terasi goreng
1 buah tomat


Cara membuat:

Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ayam dan air, serta bumbu2 lain. Ungkep ayam dengan api kecil hingga air habis dan bumbu mengental. Panggang atau bakar ayam hingga harum. Karena males nyalain arang..aku panggang aja di teflon anti lengket kemaren..yag penting dapat aroma bakaran..^^

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ayam Taliwang"

Post a Comment