Cantik Manis Cendol



Waktu Yodha nginap di rumah sakit beberapa waktu lalu..aku sering banget beli jajanan di outlet bakery favoritku yang ada di rumah sakit. Bakery ini..selain menjual aneka roti dan kue modern..juga menjual aneka kue jajan pasar basah yang enak2. Salah satu favoritku kalau jajan ke sana ya kue cantik manis. Kue cantik manisnya enak sekali..nggak terlalu manis..gurih banget dan isinya bukan mutiara kayak cantik manis umumnya..tapi cendol warna warni..jadi cantik dech dan rasanya juga lebih lembut. Jadi pengen bikin sendiri dech di rumah.

Cendol yang di pakai buat cantik manis ini..bisa buat sendiri tau kalau mau praktis bisa beli cendol yang udah siap pakai..di pasar atau di supermarket ..banyak ya. Kalau aku lebih suka bikin cendol sendiri..mudah aja kok..dan bahannya juga murah meriah..tinggal modal tepung aja..sama air. Tepung mau apa aja boleh..tepung beras..sagu..tapioka..atau cendol dari tepung hungkwe juga bisa. Untuk membungkus cantik manis supaya rapi..lebih baik gunakan plastik khusus untuk cantik manis yang sudah di potong2 ukuran kotak. Di tbk banyak di jual palastik khusus ini. Ukurannya juga tebal..jadi tahan panas. Memang..kalau males membungkus satu persatu bisa juga di tuang di loyang..dinginkan..lalu di iris2..beres ya teman2..tapi menurutku kok kurang menarik ya...jadi kurang cantik...dan manis..hihi..sesuai nama kuenya..kan..jadi penampilan kuenya pun harus cantik..manis..menarik hati dengan di kemas satuan pakai plastik. Rasa cantik manis ini lembut sekali..makan banyak juga nggak berasa kenyang..hihi. Aku memang suka sich segala jenis olahan dari tepung haungkwe..mau di buat nagasari..cantik manis..kue pisang..dll..semua enak..^^
Cantik Manis Cendol

Bahan :
150 gram cendol
1 bungkus tepung hungkwe ( 100 gram )
900 ml santan sedang
100 gram gula pasir ( sesuaikan selera aja ya..kalau suka lebih manis )
1/2 sendok teh garam
1 bungkus kecil vanili
3 lembar daun pandan
Plastik khusus cantik manis secukupnya

Cara membuat :
Campur tepung hungkwe, santan, gula, garam. vanili, aduk rata lalu masak di atas api sedang hingga meletup2 dan kental. Masukkan cendol..aduk rata. Dinginkan sebentar, lalu kemas dengan palastik khusus hungkwe satu persatu hingga adonan habis. Biarkan hingga mengeras. Sajikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cantik Manis Cendol"

Post a Comment