Alsultan..Kaldu Bubuk Non MSG



Kaldu bubuk...udah pasti kenal ya teman2. Di Indonesia udah jadi salah satu bumbu dapur yang mudah di dapat dan banyak berbagai merk di pasaran. Di Negara2 lain juga di kenal aneka macam kaldu bubuk instan yang biasa di pakai di masing2 negara tersebut. Di negara lain kaldu bubuk ayam misalnya di kenal dengan sebutan *Chicken stock powder dll. Di Jepang ada kaldu instan yang di kenal dengan istilah *Dashi...yang terbuat dari ikan dan rumput laut. Tapi kadang2..masih ada  juga beberapa orang yang salah kaprah mengartikan bahwa bumbu kaldu bubuk itu sama dengan msg. Tentu saja sangat berbeda ya teman2..msg itu monosodium glutamat..penyedap masakan berbentuk kristal kecil yang biasa buat tambahan masakan...misal dari warung2 bakso pinggir jalan sampai resto2 pun banyak yang pake ya penyedap rasa ini, aneka mie instan, kudapan ringan anak2 dll..itu kan juga banyak pakai msg. Rasa msg sangat kuat gurihnya dan malah jadi neg..jika kebanyakan. Beda dengan kaldu bubuk yang lebih ringan rasa gurihnya. Karena kaldu bubuk di buat dari sari pati daging ayam, sapi, seafood, jamur dll..yang di buat pati atau bubuk, kemudian di campur rempah2 bubuk dan garam. Memang tak sedikit produsen yang menambahkan sedikit msg ya di kaldu bubuk produksi mereka..tapi bukan  berarti keseluruhan kandungan kaldu bubuk itu msg ya..masih banyak kandungan pati ayam atau daging, garam serta rempah2 bubuknya. Ada satu merk yang menurutku kandungan msg nya nggak terlalu kuat..ya kalau kaldu instan bubuk biasa yang beredar di pasaran teman2..yaitu merk Ma****. Jadi merk itulah yang aku pakai buat masak jika di perlukan. Soalnya yakin juga setelah liat di tivi..di acara lap top di Unyil dulu itu..pas lagi meliput proses pembuatan kaldu bubuk ini dari pabriknya..langsung ya..jelas keliatan semua proses di pabriknya sich..kalau kaldu bubuk ini memang terbuat dari daging ayam dan sapi segar pilihan. Halah..malah ngiklanin produk ini gratis dech..hihi. Kalau yang lain memang rasa agak sedikit neg sich menurutku..hihi. Tapi sebenernya kalau mau jeli..bukan hanya kaldu bubuk sich bumbu2 dari produsen di negara kita ini ya di tambah sedikit penyedap juga..coba cek aja label..misal saus tiram, saus teriyaki, aneka bumbu masakan instan, dll..itu pasti di kemasan ada tulisan penguat rasa. Nah..jadi, bukan cuma kaldu bubuk saja sich yang mengandung sedikit penguat rasa ya di negara kita ini teman2. Jadi nggak perlu di permasalahkan ya..sebenernya...kita mau masak..pakai kaldu bubuk atau tidak..itu pada dasarnya masalah selera saja. Jadi lebih baik jika tidak suka ya tidak usah pakai..simple kan.

Kalau di tanya aku pakai kaldu bubuk , kalau masak..ya..sesuai kebutuhan ya..kalau masak masakan yang perlu kaldu bubuk..misal yang berkuah2 atau gorengan gitu ya aku pakai..tapi ada juga masakan2 yang nggak perlu pakai ya nggak pakai..misal.pecel..gado2..tahu campur, dll kan nggak perlu pakai ya. dan pemakaian juga nggak terlalu banyak dech..paling banyak 1 sendok teh.Tapi kalau msg murni dalam bentuk kristal2 itu aku nggak pernah pake.

Itu pendapatku ya teman2..sebagai referensi aku liat juga tulisan di Femina..yang intinya sama sich kayak pendapatku di atas..berikut aku kutip ya..:

" Sebenarnya, bahan dasar dari kaldu instan adalah daging sapi, daging ayam, atau seafood yang diproses layaknya membuat kaldu murni dan kemudian dikeringkan melalui proses drum drying atau spray drying hingga berbentuk bubuk. Sebelum dikemas, kaldu bubuk ini diberi tambahan pati dan zat antikempal (agar kaldu tidak menggumpal).

Ada beberapa produsen yang  menambahkan sedikit msg dan garam agar produknya makin gurih. Efek msg dari kaldu instan juga tidak perlu dikhawatirkan. Sedikit kandungan msg tidak akan membahayakan kesehatan selama digunakan dalam skala yang bijaksana. Jika terlalu banyak, cita rasa masakan menjadi gurih yang berlebihan. Yang perlu diwaspadai justru kandungan garam yang ada dalam kaldu instan. Garam ini dimasukkan ke dalam kaldu instan untuk membuat kaldu lebih awet, sedap, tetap kering, dan tidak menggumpal. Jika terlalu banyak, garam bisa menyebabkan penyakit darah tinggi." ( sumber Femina )

Nah....kemaren pas ngobrol2 dengan mba Nida di email..dia nemuin kaldu instan yang bagus buat baby dan anak2 yaitu merk *Alsultan. Aku jadi ingat banyak teman2 yang mencari produk kaldu bubuk tanpa msg ini ya. Dari dulu pernah  denger merk Asultan , aku kira dulu itu produk impor..ternyata merk lokal ya..produksi indonesia.  Produk ini malah biasa di ekspor ke Australia. Akhirnya setelah tahu produsennya, langsung dech aku telp buat tanya2 gimana jadi agennya..dan akhirnya..taraa..sekotak kaldu bubuk asultan sudah sampai di rumah. Jadi..udah ready stock nich teman2..buat yang perlu kaldu bubuk yang non msg. 

Kandungan bumbu kaldu bubuk asultan ini..seperti tertera di kemasan , yaitu : Bawang bombay, bawang putih, lada putih. tersedia kaldu rasa ayam dan sapi. Kaldu bubuk ini udah lolos standart keamanan pangan untuk di ekspor ke Australia. Sekarang juga di pasarkan di Indonesia, dan telah lolos uji sertifikasi dari BPOM dan sertifikasi halal dari MUI.

Kaldu bubuk Alsultan ini..udah ku coba..bedanya dengan kaldu bubuk yang ada di pasaran..kaldu bubuk ini kandungan garamnya sedikit. Kemaren aku tes bikin bakwan..kalau tanpa garam masih anyep gitu rasanya..beda dengan kaldu bubuk yang murah yang beredar itu ya teman2..itu kan banyak kandungan garamnya ya..jadi di pakai buat masakan udah ada rasa asinnya. Jadi tau juga ya.kalau yang kaldu bubuk biasa yang beredar di pasaran itu bisa murah banget harganya karena kandungan garam juga banyak. Kalau Alsultan ini murni bubuk kaldu daging atau ayam dan rempah2, ada garamnya tapi cuma sedikit sekali kayaknya..jadi memang harganya jauh lebih mahal. Tapi di liat kandungannya di kemasan..memang cuma dari sari pati daging dan bumbu2 rempah aja..asultan ini. Jadi aman juga buat yang diet  rendah garam, penderita darah tinggi, anak2 berkebutuhan khusus, seperti yang di jelaskan di brosur Asultan ini. Kemaren aku coba pertama buat bakwan ini..memang rasa gurihnya ringan banget...tapi tetep enak , sedikit gurih gitu.

Yang mau order seperti biasa ya..bisa langsung email aja atau inbox di fb. Semoga bisa membantu teman2 yang membutuhkan produk kaldu bubuk non msg ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alsultan..Kaldu Bubuk Non MSG"

Post a Comment